Kamis, 14 Mei 2020

Artikel Pembuatan masker dari kain sisa


Masker, Mengajar, dan Workshop online SAGUSABLOG GRATIS



Virus Corona atau sering disebut Covid-19 sedang mewabah di negeri kita. Virus ini begitu cepat menyebar dan dampaknya begitu hebat. Di mana-mana orang membicarakannya. Ada yang ketakutan dan panik, ada yang menanggapi biasa-biasa saja, tetapi ada juga yang menyepelekannya.Dalam hitungan detik banyak korban yang berjatuhan, bahkan sampai meninggal dunia. Begitu dahsyatnya virus ini menyerang tubuh manusia. Diketahui dari gejala-gejalanya seperti, flu, batuk, tenggorokan sakit, pusing kepala, juga demam tinggi dan kondisi tubuh lemas. Ada juga yang tidak menunjukkan gejala-gejala tersebut, namun begitu dites di laboratorium ternyata positif dinyatakan kena virus Corona.



Pemerintah melakukan pembatasan fisik dan interaksi sosial untuk memutus rantai persebaran Virus Corona di Indonesia. Pemerintah menghimbau setiap warga untuk melaksanakan kegiatan dari rumah, belajar, mengajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Apabila terpaksa harus melaksanakan aktivitas di luar rumah, diwajibkan untuk menggunakan masker dan sering-sering mencuci tangan atau dengan menggunakan handsanitiser, untuk menghindari penyebaran virus.
Masker yang sering dibeli di toko menjadi sangat langka dan harganya pun melambung tinggi. Untuk itu saya berbagi pengalaman untuk membuat masker dari sisa-sisa kain. 

Di saat yang bersamaan, saya juga tetap melaksanakan tugas saya sebagai seorang guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dari rumah, dan saya juga mengikuti kegiatan wokshop online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) merupakan salah satu program pengembangan diri yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pusat untuk memberikan pengetahuan, kepada guru-guru di Indonesia tentang bagaimana cara membuat media pembelajaran berbasis blog. Dalam workshop ini juga dipelajari bagaimana cara memaksimalkan blog di mesin pencari google (SEO) sehingga blog yang telah dibuat Bapak/ Ibu Guru bisa dan mudah ditemukan di mesin pencari google untuk kata kunci tertentu sesuai tema blog guru masing-masing.

Melalui kegiatan workshop ini, saya merasa sedang berkeliling Indonesia, saya berkenalan dengan sahabat-sahabat Guru Hebat dan Mentor yang luar Biasa.

Berikut adalah video tutorial pembuatan masker tanpa menggunakan mesin jarit. Mari lindungi diri anda dan orang lain dengan tetap menggunakan masker.
Semoga bermanfaat.....





1 komentar:

  1. Sudah bagus bu, cuma dirapikanpostingannya yang panjang, dengan diberi pembatas ya bu

    BalasHapus